Welcome to Muhammad Tegar Al Firdausy's blog
go to my homepage










By Muhammad Tegar Al Firdausy's Blog

Motif Batik Luar Jawa

Sabtu, 12 November 2011

A. Batik Kalimantan

    Batik Kalimatan Selatan terkenal dengan nama kain Sasirangan , kain batik
KalimantanTengah terkenal dengan nama Batik Benang Bintik-nya. Motif yang umum
adalah Batang Garing (simbol batang kehidupan bagi masyarakat Dayak), Mandau
(senjata khas suku Dayak), Burung Enggang/Tingang (Elang Kalimantan), dan Balanga.
Warnanya lebih berani seperti shocking pink, hijau stabilo, merah terang, oranye, dan
masih banyak lagi.













B.  Batik Sulawesi


    Batik Sulawesi Selatan memiliki motif-motif seperti Toraja, Bugis dan Makassar. Batik Sulawesi Selatan umumnya menggunakan teknik pembuatan yang sama dengan batik Jawa, namun tetap memiliki kekhasan sendiri. Sedangkan di Sulawesi Tengah rata rata mendatangkan bahan baku tekstil batik dari Jawa, namun  pembuatan motifnya dilakukan oleh masyarakat pengrajin batik di Sulawesi Tengah tepatnya di kota Palu dan motifnya sesuai dengan ciri khas motif lokal Palu. Motif yang digunakan batik-batik di Sulawesi Tengah kebanyakan menggambarkan motif burung maleo, motif bunga merayap, motif resplang, motif ventilasi dan motif ukiran rumah adat Kaili ataupun motif bunga dan buah cengkeh.
C.  Batik Papua

    Batik Papua memiliki perbedaan corak yang cukup mencolok. Batik dari daerah ini cenderung lebih gelap namun banyak memiliki motif yang terdiri dari gambaran patung. Batik di Papua yang paling terkenal adalah batik motif Asmat. Warnanya lebih cokelat dengan kolaborasi warna tanah dan terakota. Soal pemilihan motif batik Papua banyak menggunakan simbol-simbol keramat dan ukiran khas Papua. Cecak atau buaya adalah salah satunya,selain tentu lingkaran-lingkaran besar. Bahannya macam-macam disesuaikan dengan permintaan pasar.

D.  Batik Bali

Kerapnya orang Bali mengenakan batik untuk berupacara –sebagai bahan kain maupun udeng (ikat kepala), mendorong industri batik di pulau ini terus berkembang dang maju. Kini di Bali telah tumbuh puluhan industri Batik yang menampilkan corak-corak khas Bali, juga corak-corak perpaduan Bali dengan luar Bali seperti Bali-Papua, Bali-Pekalongan, dan lain-lain.

0 komentar: